Terbaik bagi Anda, Terbaik bagi Kami

Detil Berita









iklan_kiri18.jpg

Administrator | Jumat, 14 Feb 2014 11:48 WIB

Mata Lelah Pada Pengguna Komputer




Mata lelah ( visual atigue ) merupakan keluhan yang sering dirasakan pada pengguna komputer setelah melakukan aktivitas yang cukup lama. Sejak tahun 2000, 75% dari semua pekerjaan di dunia melibatkan penggunaan komputer. Bahkan penelitian Clayton Blehm Et Al menemukan adanya keluhan mata pengguna komputer mencapai 75-90% setelah menggunakan komputer selama 3 jam perhari.

Keluhan subyektif yang muncul pada mata lelah adanya mata merah, rasa berat pada mata, mata kering, rasa sakit disekitar mata yaitu nyeri kepala dibagian depan dan belakang, kesulitan memfokuskan penglihatan terutama jika membaca dan menulis, buram, bahkan kadang-kadang melihat dobel pada fiksasi dekat.  Keluhan tersebut akan berkurang atau hilang pada saat istirahat, bangun pagi atau mata tidak digunakan untuk melihat jarak dekat.

Kelelahan mata pada pengguna komputer dapat disebabkan karena antara lain penerangan yang kurang baik, postur tubuh yang salah, silauya monitor komputer, jarak terhadap komputer, kelainan kaca mata yang tidak terkoreksi dengan baik ataupun kombinasi dari beberapa faktor diatas.

Mata lelah akibat penggunaan komputer merupakan keadaan yang dapat diperbaiki sehingga tidak menyebabkan penurunan prestasi maupun kinerja penderitanya. Penatalaksanaan mata lelah pada pengguna komputer dapat dilakukan sesuai dengan penyebabnya seperti koreksi kaca mata yang sesuai, jarak yang baik terhadap komputer, posisi monitor yang baik, pencahayaan yang baik pada monitor komputer, sikap duduk yang benar serta sering mengistirahatkan mata sejenak.

dr. Elizabet Srisubekti, Sp.M